Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

Separuh Jalan Nasional Trenggalek-Pacitan Amblas




Separuh Jalan Nasional Trenggalek-Pacitan Amblas


Caping Gunung Indonesia - Trenggalek - Ruas jalan nasional Trenggalek-Pacitan yang sebelumnya mengalami kerusakan, kembali amblas. Akibatnya separuh badan jalan tidak dapat difungsikan. Sehingga arus lalu lintas dari kedua arah harus bergantian.

Jalan yang rusak berada pada kilometer 44 di Desa Cakul, Kecamatan Dongko, Kabupaten Trenggalek, urukan tanah yang berada pada proyek perbaikan jalan tersebut amblas dengan kedalaman lebih dari satu meter.

"Selain itu salah satu sisi tembok penahan jalan yang baru dibangun itu juga mengalami pergeseran sekitar satu meter. Karena hampir memakan setengah badan jalan maka kami pasang water barier sebagai pengaman," kata Kapolsek Dongko, AKP Tri Basuki, Jumat (20/10/2017).

Menurutnya saat ini arus lalu lintas dari dua arah sedikit terganggu, karena harus berjalan secara bergantian. Meski demikian semua jenis kendaraan masih bisa melintasi ruas jalan tersebut.

Tri Basuki menambahkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pemelihara jalan nasional. Saat ini mulai dilakukan proses perbaikan untuk megembalikan fungsi jalan sebagaimana mestinya.

"Kami mengimbau agar warga yang melintas pada ruas jalan tersebut berhati-hati, karena kebetulan lokasi jalan yang ambles berada setelah tikungan," imbuhnya.

Sementara itu salah seorang warga, Katiyo, mengatakan, amblesnya ruas jalan nasional tersebut bersamaan dengan bencana tanah longsor yang terjadi di sejumlah daerah di Trenggalek beberapa waktu yang lalu. Sebelum kejadian, wilayah Kecamatan Dongko diguyur hujan lebat selama hampir semalam.

"Akibatnya tanah urukan pada proyek itu ambles, kalau untuk tembok penahan yang bagian bawah tidak masalah," katanya.

Menurutnya, titik jalan nasional tersebut telah tiga kali mengalami kerusakan, amblas pertama terjadi pada bulan Desember 2016, kemudian dilakukan perbaikan dengan membangun tembok penahan jalan.

"Tapi kemudian amblas lagi bulan September dan yang terakhir bulan ini. Ini adalah akses utamanya dari Trenggalek menuju Kecamatan Panggul maupun Pacitan," ujarnya. #nurul_cgo
 
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support