Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

Program Kotaku Kota Tanpa Kumuh

Program Kotaku Kota Tanpa Kumuh

Salah satu Program Pemerintah Kota Trenggalek ini yang berorientaasi pada lingkungan adalah Program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh), dimana Program KOTAKU memperkenalkan/mensosialisasikan kepada Masyarakat Kota Trenggalek, dengan program-program yang berkenaan dengan lingkungan masyarakat, kawasan pemukiman kumuh yang mempunyai permasalahan
Program Kotaku Kota Tanpa Kumuh
Caping Gunung Indonesia - Kelurahan Sumbergedong merupakan salah satu kelurahan yang berada di Kota Trenggalek, dimana kelurahan tersebut dihuni oleh masyarakat dengan berbagai macam ekonomi dan mata pencaharian, Rumah penduduk di Kelurahan Sumbergedong berada tidak jauh dari lingkungan pasar , dan kondisi drainase yang tidak baik, bahkan yang ada tersedia drainase besar ada dibeberapa lingkungan RT, namun drainase tersebut di gunakan sebagai septiktank WC warmis. Dengan pemandangan yang demikian sangat menganggu penglihatan juga sangat menganggu kesehatan warga yang tinggal di pemukiman sekitar. Dengan kondisi yang demikian, masyarakat Sumbergedong mengharapkan adanya Program Pemerintah yang dapat mengatasi permasalahan tersebut.

Salah satu Program Pemerintah Kota Trenggalek ini yang berorientaasi pada lingkungan adalah Program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh), dimana Program KOTAKU memperkenalkan/mensosialisasikan kepada Masyarakat Kota Trenggalek, dengan program-program yang berkenaan dengan lingkungan masyarakat, kawasan pemukiman kumuh yang mempunyai permasalahan tentang : akses jaringan jalan, Drainase lingkungan, masalah air minum, sampah yang berserakan di sungai dsb. Diharapkan program kotaku dapat memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang dihadapi dimasing masing kelurahan di Kota Trenggalek. Dikatakan oleh Bapak Wito Bapak Lurah Sumbergedong beliau sangat mengharapkan bantuan dari program kotaku agar benar-benar bisa mengatasi permasalahan yang ada dikelurahan Sumbergedong ini yang bermacam-macam permasalahan seperti Septiktank,. Kendala air bersih, sampah yang berserakan di sungai,dll.

Sosialisasi program KOTAKU di kelurahan Sumbergedong, dilaksanakan pada tanggal 17-18 Oktober 2017, yang berlokasi di TK Pertiwi Sumbergedong dengan dihadiri oleh Media Online Caping Gunung Indonesia yang di ketuai oleh Bapak Regan Subiyanto serta tokoh Masyarakat Sumbergedong.

Selain sosialisasi juga dilaksanakan rangkaian pembangunan visi oleh warga Sumbergedong, kemudian dilanjutkan lagi revisi data baseline, RPK serta PS ( Pemetaan Swadaya)dan kabar menggembirakan serta meyakinkan lagi warga kelurahan Sumbergedong.

Selaku Pemateri dalam Sosialisasi program Kotaku adalah Tim Fasilitator Kotaku untuk wilayah Kelurahan Sumbergedong, yang telah terlatih dan mendapatkan bekal materi terlebih dahulu, mereka bukan hanya sekesar memberikan materi kepada masyarakat, tetapi juga akan mendaji pendamping dan fasilitator atas program-program yang akan dilaksanakan. Dalam materinya disampikan bahwa kegiatan program kotaku ini dapat mencapai target nasional 100-0-100,Dimana 100% masyarakat mempunyai akses sanitasi yang layak,0%kawasan perumahan dan permukiman kumuh,dan 100% masyarakat tercukupi air minum yang sesuai dengan standar kelayakan minimum.

Ada 7 indikator terkait persoalan kumuh yaitu :

  1. Masalah rumah tidak layak huni.
  2. Akses sanitasi.
  3. Akses jaringan jalan.
  4. Persampahan.
  5. Drainase lingkungan.
  6. Pencegahan bahaya kebakaran.
  7. Masalah air minum.

Oleh sebab itu kami harapkan bahwa masalah sanitasi kendala air bersih, sampah yang berserakan di sungai maupun masalah terkait 7 indikator kumuh di Kelurahan Sumbergedong akan bisa teratasi.#Lilis_cgo

Sumber, Berita Indonesia
Share:

1 comments:

Definition List

Unordered List

Support