Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

Asyiknya Bermain Di Luar





Asyiknya Bermain Di Luar


Caping Gunung Indonesia - pada hari siswa siswi KB Mutiara asyik bermain diluar kelas. Permainan yang dimainkan yaitu memancing. pelaksanna bermain diluar kelas dapat membuat anak tidak mudah bosan dengan suasana belajar di dalam kelas. Dari permainan memancing anak dapat mengetahui nama-nama ikan, warna dari ikan dan jumlah ikan yang dapat dipancing. Selain itu ada juga manfaat dari belajar sambil bermain di luar kelas diantaranya


1. Memperbaiki Mood dan Mengatasi Stres
Saat bermain di luar, paparan sinar matahari mengaktifkan kelenjar pineal yang mendorong otak menghasilkan serotonin. Serotonin adalah neurotransmitter yang bertanggung jawab meningkatkan suasana hati dan energi seseorang. Inilah mengapa, saat anak-anak aktif di luar, mereka juga akan lebih bergembira, tidak stres, mudah tertawa lepas, dan bersemangat.

2. Meningkatkan Keterampilan Sosial
Saat anak bermain di luar dan bertemu dengan teman sebayanya, mereka akan belajar banyak hal. Bermain di luar dengan teman sebaya memungkinkan anak mengembangkan kemampuan problemsolving dan keahlian untuk bekerjasama dengan orang lain. Bukan hanya bermain bersama, saat bermain sendirian di luar pun anak dapat meningkatkan keterampilan sosialnya. Pengalaman bermain di luar sendirian dapat meningkatkan kewaspadaan dan disiplin diri. Kedua kemampuan ini adalah keterampilan penunjang untuk mengembangkan hubungan interpersonal anak kelak kemudian hari.
 
3. Merangsang Kreativitas dan Kemandirian
Saat anak bermain di ruangan terbuka, mereka belajar untuk melakukan hal-hal secara spontan dan independen untuk menghibur diri sendiri tanpa selalu mengandalkan orang dewasa. Misalnya, saat di halaman dan melihat batu, kayu, atau daun, mereka akan berpikir bagaimana caranya memanfaatkan benda-benda tersebut untuk bermain. Permainan yang dimainkan pun bisa beraneka ragam, tergantung kemampuan kognitif dan emosional anak.

4. Meningkatkan Kemampuan Bahasa
Anak-anak yang terlalu sering bermain di dalam ruangan cenderung pendiam dan pasif. Sementara sebaliknya, anak-anak yang memiliki banyak kesempatan bermain di luar relatif mengalami kemajuan kemampuan berkomunikasi yang lebih baik. Ini disebabkan, anak yang bermain di luar memiliki kesempatan yang lebih besar untuk melatih kemampuan bahasanya. #nurul_cgo




Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support