Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

Nasib Pemuda Pembakar Rumah Orangtuanya di Trenggalek



 Caping Gunung Indonesia -masyarakat Desa Kerjo, Kecamatan Karangan, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, was-was Budiharto, si pembakar rumah orangtuanya, akan kambuh kembali. Untuk itu, warga meminta pemerintah desa (pemdes) setempat mengirimkannya ke poliklinik jiwa Puskesmas Karanganyar.

"Setelah kami amankan dan agar warga tidak was-was, Budi langsung kami rujuk ke Puskesmas Karangayar, Gandusari, Trenggalek tadi, agar mendapatkan perawatan kejiwaan yang memadai, infonya sekarang sudah mulai stabil," tutur Kepala Desa Kerjo, Rebo, Selasa, 12 September 2017.

Menurut Rebo, Budi mengalami gangguan jiwa sejak bercerai dengan istrinya sekitar 10 tahun lalu. Hal itu terungkap ketika pelaku kerap mengamuk dan merusak rumah orangtua maupun tetangganya.

Sebelum membakar rumah itu dia sempat memecahkan kaca rumah yang ada di depan. Kemudian amukannya semakin menjadi-jadi hingga kebakaran itu," dia menjelaskan.

Sementara itu, Yahdi, ayah Budi, menambahkan, aksi pembakaran rumah yang dilakukan anaknya dipicu oleh hal sepele. Menurut dia, saat itu ia sempat menegur Budi agar tidak menggunting surat-surat penting miliknya.

"Saya sempat bilang, 'Lho, lho, lho, jangan itu yang digunting, yang ini saja.' Hanya begitu dia sudah marah dan langsung mengusir saya. Memang dari dulu dia sangat sensitif," kata Yahdi.

Pelaku pembakar rumah orangtua dititipkan ke poli jiwa Trenggalek. (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Yahdi menjelaskan, kebakaran rumahnya terjadi saat ia tidak berada di rumah karena harus ke kandang ternak untuk melakukan pembenahan, sedangkan istrinya tengah mencari rumput.

"Sebelumnya, waktu dia mengamuk di dalam rumah, suaranya sudah enggak karuan, kemudian tiba-tiba sudah muncul api besar," ujar Yahdi.

Setelah membakar, Budi langsung duduk santai di ruang samping rumah. Ketika ada yang menanyakan mengenai alasan membakar rumah, dia mengaku tidak membakarnya. Sebab, kebakaran itu terjadi karena korsleting.

Akibat kebakaran tersebut, sebagian besar rumah korban hangus dan hanya tersisa ruang tamu dan satu kamar. Untuk sementara Yahdi dan istrinya mengungsi ke rumah saudara karena masih terguncang.

Nasib Pemuda Pembakar Rumah Orangtuanya di Trenggalek.  sumber
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support