Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

Jelang Idhul Adha Harga Hewan Kurban Meningkat

Jelang Idhul Adha Harga Hewan Kurban Meningkat


Caping Gunung Indonesia - Harga hewan ternak untuk meugang dan kurban di Aceh naik hingga 20%. Minat beli masyarakat mulai meningkat pada H-5 Idul Adha.Di Pasar Hewan di Sibreh, Aceh Besar, Aceh, ratusan penjual hewan ternak mulai berjualan sejak pagi hari, Rabu (7/9/2016). Mereka mengikat sapi dan kerbau pada tempat yang disediakan.

Harga sapi di pasar hewan di Sibreh berkisar antara Rp 6 juta hingga Rp 60 juta per ekor. Sementara kerbau berkisar Rp 8 juta hingga Rp 30 juta per ekor. Selain itu, di sana juga dijual kambing dengan harga antara Rp 1 juta hingga 3 juta per ekor.

Harga hewan ternak di sini tergantung bobot dan usianya," kata Masri (50), seorang penjual hewan ternak asal Samahani Aceh Besar.
Pasar hewan ternak di Sibreh ini tidak setiap hari ada. Para pedagang menjajakan hewan ternak di sana khusus pada hari Rabu atau di Aceh dikenal dengan hari pekan.

Sapi, kerbau dan kambing yang dijual pedagang berasal dari sejumlah kabupaten di Aceh seperti Aceh Besar, Pidie, Bireun dan lainnya. Sementara jenis sapi yang dijual yaitu jenis simental, limousin, brahman, sapi Aceh, sapi bali, dan sapi perah.

"Sapi di sini semua dari Aceh, saya beli dari peternak kemudian saya jual di sini," ungkap Masri.Meski demikian, harga hewan ternak di sini terkadang lebih mahal dibandingkan yang dijual di tempat lain.
"Naik sekitar 20 persen kalau sudah dibawa ke kemari karena di sini ramai yang beli," jelasnya.

Sementara seorang pedagang hewan ternak lain, Edi Saputra mengaku, sapi yang dijualnya bisa untuk qurban atau meugang. Hari ini, ia membawa 10 ekor sapi dari Bireuen."Jelang meugang dan qurban banyak yang beli. Hari ini saya bawa sepuluh ekor ke sini karena banyak yang sudah laku di kampung," kata Edi.

Masyarakat Aceh punya tradisi meugang yang dirayakan sejak dua hari sebelum Ramadan, Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha. Khusus menjelang puasa, warga Tanah Rencong ramai-ramai beli daging untuk disantap bersama seluruh anggota keluarga.#nurul_cgo

Sumber, Berita Indonesia
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support