Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

Rumah Tua Jangan lakukan!


Agar tetap terlihat modern dan tidak terlalu kuno, Anda pun ingin sedikit mengubahnya meski tak mengubah tampilan luarnya karena ingin menghormati leluhur. 
Rumah Tua Jangan lakukan!

Caping Gunung Indonesia - Karena sangat mencintai rumahnya, orangtua mewariskan rumah kepada Anda dan memintanya agar Anda tidak menjualnya. Masalahnya rumah orangtua ini adalah rumah turun-temurun. Dulunya merupakan rumah nenek, bahkan buyut Anda, jadi jangan heran jika desain luarnya vintage banget.

Agar tetap terlihat modern dan tidak terlalu kuno, Anda pun ingin sedikit mengubahnya—meski tak mengubah tampilan luarnya karena ingin menghormati leluhur. Tapi, sebelum mengubah keseluruhan interior, pekarangan, atau bagian lainnya, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan kembali.

Membuatnya menjadi tingkat

Dengan maksud ingin membuat rumah lebih lapang dan besar, Anda membuat rumah yang tadinya hanya satu lantai menjadi dua lantai. Sebaiknya pikirkan ulang niat Anda tersebut. Pasalnya pondasi rumah belum tentu kuat, meski rumah tua memang terlihat kokoh. Apalagi jika dari dulunya rumah itu memang tak pernah dibangun bertingkat. Daripada membangunnya ke atas, cobalah Anda menyingkirkan beberapa barang tua yang memang sudah tak terpakai sehingga rumah menjadi lebih luas.

Mengubah penerangannya

Akibat terpesona dengan penerangan area rumah minimalis yang biasanya temaram, Anda pun mengubah penerangan rumah tua menjadi temaram pula. Percayalah, rumah tua malah akan terlihat semakin menyeramkan. Apalagi jika halamannya cukup luas dan memiliki banyak pohon rindang. Biarkan bagian luar tetap terang—hal ini juga mencegah rumah diteror pencuri.

Memilih cat berwarna

Tidak semua rumah tua cocok dengan warna pastel, warna-warna tropis atau warna abu-abu yang sering digunakan untuk rumah minimalis. Biasanya warna yang aman untuk rumah tua, terutama cat dinding eksteriornya, hanya warna putih atau ivory. Soalnya cat dinding warna lainnya cenderung membuat rumah tua menjadi berkesan kusam dan gelap. Jika Anda memang ingin memberikan sentuhan warna, aplikasikan pada perabotan yang digunakan, misalnya sofa, tirai jendela, rug, serta sarung bantal sofa.

Memperbanyak tanaman perindang

Akan lebih baik jika halaman rumah tua dibiarkan terbuka sehingga terpapar sinar matahari. Cukup tanam maksimal 1-2 tanaman perindang, dan sisanya tanam rumput serta tanaman berbunga. Pohon yang terlalu besar bukan hanya akan menghalangi sinar matahari menyinari rumah Anda, tapi juga menghambat pertumbuhan tanaman yang ada di dalamnya. Tanaman bunga akan membuat rumah menjadi lebih ceria dan nyaman.

Mengganti kaca jendela

Tak perlu mengganti kaca jendela yang terang menjadi kaca film yang gelap agar ornag di luar tak bisa melihat isi rumah Anda. Kaca film kurang matching dengan rumah tua. Untuk mengakalinya gunakan tirai tipis berwarna putih diantara kaca jendela dengan tirai yang lebih tebal.#Lilis_cgo

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support