Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

Sering Ganti Merek Oli, Aman atau Berbahaya?

Caping Gunung Indonesia - Oli merupakan elemen penting bagi kendaraan bermotor, bahkan banyak yang mengistilahkan oli sebagai darah dari kendaraan, baik mobil maupun motor. Tanpa oli, kendaraan tidak dapat berjalan.

Lantaran terbilang penting bagi kinerja mesin, oli merupakan elemen yang harus terus diperhatikan secara rutin. Untuk jenisnya, oli yang terdapat di Indonesia sudah sangat beragam, mulai dari jenis mineral sampai full syntetic.

Tetapi, banyak di antara pengendara yang kerap mencoba berganti merek oli untuk kendaraan bermotor. Hal ini dilakukan biasanya untuk mengetahui merek yang paling cocok bagi kendaraannya, atau karena pertimbangan ekonomi alias mencari yang lebih murah.

Namun apakah berbahaya apabila kerap berganti merek oli untuk kendaraan?
Menurut kepala mekanik Aneka Mitra bengkel di daerah Kebon Pisang, Jakarta Barat, Acin, kerap berganti merek oli itu tidak berbahaya bagi kendaraan.

"Pokoknya yang penting itu setiap satu bulan sekali ganti oli dan yang perlu diperhatikan adalah kadar kekentalan oli yang kita gunakan. Itu harus disesuaikan dengan mesin kendaraan kita dan yang paling penting adalah kita harus lihat jenis kendaraan kita, jangan sampai pakai oli matik buat kendaraan manual, begitu juga sebaliknya," ungkap Acin .

Acin menambahkan bahwa faktor yang membedakan pada setiap oli hanya kualitasnya saja. Sehingga apabila konsumen berganti merek oli, kualitas yang dihasilkan yang akan berubah, selebihnya untuk mesin kendaraan tidak berbahaya. Selama oli tersebut asli dan resmi dikeluarkan oleh salah satu merek yang dianjurkan pabrikan, tidak masalah.
Sumber,Berita Indonesia
Share:

1 comments:

Definition List

Unordered List

Support