Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

Penyebab Industri Tambang Cepat Mati

Penyebab Industri Tambang Cepat Mati

Caping Gunung indonesia - Industri pertambangan saat ini tengah mengalami tekanan akibat gejolak harga komoditas dunia. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), harga komoditas sepanjang 2015 anjlok hingga 40 persen.
Ketua Working Group Kebijakan Publik Perhapi Budi Santoso mengungkapkan, terdapat lima faktor yang juga menyebabkan industri tambang dalam negeri dapat tumbuh. Kelima faktor ini berasal dari internal pemerintah Indonesia.

"Pertama, semua industri di dunia ada namanya incubation period. Ini harus disadari oleh pemerintah. Industri baru mau tumbuh, ujung-ujungnya harus sudah menerapkan standar ini itu. Matilah dia," jelas Budi dalam acara Indonesia Mining Forum di Hotel Ritz Carlton Mega Kuningan.

Kedua, pemerintah saat ini memberikan beban fiskal dan tarif yang cukup tinggi bagi pengusaha. Para pengusaha pertambangan pun mengalami hambatan untuk dapat berkembang, terutama perusahaan yang baru akan mengembangkan usaha di sektor migas.

"Selama ini, pengusaha nasional belum apa-apa sudah kena BM, fiskal, tarif dan sebagainya sudah dibebankan sehingga barang kita enggak bisa lebih murah," jelasnya.

Selain itu, pemerintah dinilai masih belum tegas untuk menerapkan standar kualitas barang. Pemerintah seharusnya menggunakan Standar Nasional Indonesia dan tidak bergantung pada standar asing seperti Jepang dan Amerika Serikat. "Pemerintah dalam konteks ini harus lebih tegas, lebih kuat. Kalau Indonesia harus SNI, apapun barangnya," imbuh Budi.

Faktor keempat adalah masalah pembiayaan. Menurut Budi, saat ini masih terdapat sentimen untuk menggunakan produk sesuai negara pemberi modal. Akibatnya, content local yang digunakan pun jauh lebih kecil dibandingkan dengan produk asing.

"Kelima, pemerintah jangan mengecilkan konsultan nasional. Karena kalau proses civil enginernya dari negara lain, pasti mereka bawa barangnya dari sana. Kalau kita punya semangat dan berpihak sama national content, itu bisa dilakukan," tegas Budi.#Lilis_cgo
 
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support