Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

Fakta Menarik Tentang Suriname

Caping Gunung Indonesia - Tak hanya Madura atau Medan saja, orang Jawa juga dikenal sebagai suku yang jago merantau. Buktinya, hampir di seluruh wilayah Indonesia, pasti ada orang Jawa-nya. Bahkan jika kita lihat sejarah, tak hanya menyebar seluruh Indonesia, orang Jawa juga bisa merantau sampai luar negeri. Suriname adalah buktinya. Bahkan, tak hanya merantau saja, orang-orang Jawa di sini malah mendirikan sebuah negara.

Suriname memang bukan diisi seratus persen orang Jawa. Meskipun demikian, Jawa adalah ikon yang sudah lekat dengan Suriname. Dulunya, orang Jawa yang ada di Suriname berasal dari Indonesia. Lantaran dipaksa oleh Belanda, akhirnya mau tidak mau berangkat. Akhirnya mereka menetap dan menjadi penduduk Suriname.

Mengunjungi Suriname sama lho rasanya seperti datang ke Yogyakarta atau daerah Jawa lainnya. Bukan hanya karena wajah penduduknya yang mirip-mirip dengan orang Jawa, tapi juga cara bergaul dan berbahasanya. Inilah fakta-fakta unik tentang negara tetangga Guyana itu.

Uniknya, problem kebahasaan orang Suriname juga sama seperti di Jawa. Ya, di sana ternyata anak mudanya juga mulai meninggalkan bahasa leluhur ini. Bahkan mereka sudah tidak pernah lagi memakai bahasa Jawa halus dalam bercakap.
Sumber,Berita Indonesia
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support