Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

Guatemala Longsor, 69 Orang Tewas, Ratusan hilang

Guatemala Longsor, 69 Orang Tewas, Ratusan hilang
Petugas berusaha keras mencari korban selamat dengan bantuan anjing pelacak. Dalam pencarian, digunakan peluit untuk memeriksa apakah ada respon dari korban di balik tanah longsor.

Caping Gunung Indonesia - Sedikitnya 69 orang dipastikan tewas dalam tragedi longsor di Guatemala. Jumlah itu kemungkinan bertambah, sebab 300 orang masih dilaporkan hilang.

Dilaporkan AFP, Minggu (4/10/2015), upaya pencarian para korban masih terus dilakukan. Laporan orang hilang pun terus bertambah.

Julio Sanchez, juru biara dari pemadam kebakaran yang memimpin upaya evakuasi mengatakan, para korban tewas terdiri dari anak-anak, termasu bayi-bayi yang baru lahir. Mereka ditemukan di kawasan Santa Catarina Pinula.

Tanah longsor ini melanda kota Santa Catarina Pinula dan desa kecil El Cambray II, yang berjarak 15 kilometer Guatemala City. Sekitar 34 orang berhasil diselamatkan dari puing longsor dalam keadaan hidup, sedangkan 25 orang lainnya mengalami luka-luka akibat bencana alam ini.

Disampaikan otoritas setempat bahwa hujan deras yang terus melanda kawasan tersebut memicu meluapnya air sungai setempat dan memicu tanah longsor. Pemerintah setempat menyatakan telah merekomendasikan kepada warga yang tinggal di sekitar sungai untuk direlokasi ke lokasi yang lebih aman, tahun lalu.

Musim penghujan yang tengah melanda Guatemala, sejak Mei hingga November, memang sering memicu insiden. Dalam insiden lainnya akibat hujan deras di Guatemala, tercatat 8 orang tewas. Sedangkan berbagai insiden saat musim penghujan tahun lalu menewaskan 29 orang dan merusak lebih dari 9 ribu rumah warga. 

Saat proses evakuasi, dua petugas pemadam kebakaran cedera tertimpa tembok yang roboh. Sementara warga lainnya memilih untuk pindah agar terhindar dari bencana yang sama.#Yunia_cgo




Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support