Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

Masjid Taqwa Trenggalek Bergema

 RUTINAN KHITANAN UMUM, DONOR DARAH, DAN PENYEMBELIHAN HEWAN QURBAN

Tulus Arifin - Dua (2) dari Kiri
Caping Gunung Indonesia - Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, hari raya haji (idul adha) tahun ini 1436 hijriyah atau bertepatan 2015 masehi diperingati oleh umat Islam seantero dunia. Di Indonesia sendiri hari raya tersebut ada yang sudah melaksanakan kemarin (Rabu, 23 September 2015), tetapi kebanyakan merayakannya hari ini (Kamis, 24 September 2015). Perbedaan tanggal tersebut, semuanya punya dasar yang kuat jadi tak selayaknya dipermasalahkan. Tidak perlu saling membenarkan karena pada hakikatnya "Tidak ada kebenaran sejati kecuali kebenaran itu sendiri", sedang kebenaran itu hanyalah milih Alloh. Manusia hanya sebatas diberi kekuatan oleh Alloh untuk berusaha mencari kebenaran tersebut.

Masjid Taqwa Trenggalek (Jl. KH. Agus Salim No. 58, Telp. 0355-793423, Ds. Sumbergedong Kec./Kab. Trenggalek Prov. Jawa Timur, Indonesia) adalah salah satu tempat yang hari ini melaksanakan peringatan hari raya haji. Berikut liputan Media Online http://capinggunung.com:

1. Tulus Arifin (Ketua Seksi Qurban)

Masjid Taqwa Trenggalek sudah puluhan tahun menyelenggarakan acara rutin Khitanan Umum, Donor Darah, Penyembelihan Hewan Qurban. Untuk tahun ini 2015 peserta khitan kurang lebih 140 anak sedang yang berqurban ada 28 orang dengan sembelihan 3 ekor sapi dan 7 ekor kambing.

Pembagiannya:
  • Semua peserta khitan dikasih daging qurban;
  • Disalurkan ke sekeliling masjid yang meliputi 7 RT;
  • Sebagian lagi disalurkan ke desa-desa lain yang dianggap masih membutuhkan.
Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat umumnya dan orang-orang Islam khususnya: 
  • Kesadaran untuk berbagi dengan orang lain;
  • Kesadaran untuk taat perintah Alloh / beragama;
  • Ksadaran sosial bermasyarakat; dan
  • Kesadaran berbangsa bernegara.
Kami Panitia Qurban berdoa semoga amal ibadah semua pihak diterima oleh Alloh, mendapatkan balasan berlipat ganda. Semoga pula tahun-tahun mendatang hewan qurban yang disembelih semakin banyak. Amin.

Dedi Mahendra Paling kanan Mbah Regan No 2 dari Kiri

2. Dedi Mahendra (Sekretaris Panitia)

Salah seorang personil Polsek Bendungan yang sekaligus Takmir Masjid Taqwa yang aktif sejak tahun 2010 yang mana dalam acara ini sebagai Sekretaris Panitia, kepada capinggunung.com menyampaikan hal senada bahwa: "Kegiatan Rutin Khitanan Umum, Donor Darah, dan Qurban dilaksanakan di Masjid Taqwa ini setiap tahun sejak 1987 lalu". 
 
Menurut catatan Dedi Mahendra:
  • Peserta Khitan tahun ini sejumlah 146 anak se-Kab. Trenggalek. Dari segi banyaknya peserta khitan, tergolong lebih sukses dibanding tahun-tahun sebelumnya. 46 anak melebihi dari yang kita estimasikan sebelumnya yakni 100 anak;
  • Acara bekerjasama dengan RSUD dan Dinkes Kab. Trenggalek. Dalam kegiatan hari ini mereka mengirimkan 15 tenaga medis untuk pelayanan khitan dan 6 tenaga untuk kegiatan Donor Darah.
Sambil menepuk pundak Regan Subiyanto selaku Seksi Publikasi, Dedi Mahendra juga mengatakan: "Beberapa hari sebelum kegiatan ini berlangsung, Mbah Regan ini rela masuk ke desa-desa, kampung-kampung, maupun sekolah-sekolah untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat. Mungkin hal ini berpengaruh pula terhadap membludaknya peserta khitan tahun ini".
 
"Mbah Regan yang sekaligus Ketua Yayasan Capil Indonesia juga telah mengusahakan sumbangan atas kegiatan ini berupa Sarung 50 buah untuk diberikan kepada anak peserta khitan", imbuhnya. 

Ketika ditanya capinggunung.com tentang kesan pesanya, Dedi Mahendra menyampaikan berberapa hal antara lain:
  • Terima kasih kepada semua puhak yang telah memberikan support terlaksananya acara ini;
  • Mohon doa restu kepada semua masyarakat Trenggalek agar acara ini tetap bisa dilaksanakan setiap tahun;
  • Kemungkinan menggandeng Sponsorsip. Ini kami harapkan agar nantinya bisa ditingkatkan baik kuantitas maupun kwalitas kegiatannya.
Wawan SB sebelah Kanan dan Ega Prayudi sebelah kiri
3. Pihak Keamanan

Kepolisian Trenggalek

Tepatnya di sebelah barat masjid nampak 2 (dua) orang personil berjaga-jaga. Bergegas kami sampari mereka: "Selamat pagi pak". Mereka berdua menjawab: "Selamat pagi". Kami minta ijin untuk mengambil gambar/photonya. Selepas itu kami tanyakan tetang situasi keamanan terkait kegiatan ini. Beberapa informasi yang bisa kami laporkan adalah sebagai berikut:
  • Kedua personil tersebut dari Polres Trenggalek,. adalah Wawan SB. dan seorang lagi bernama Ega Prayudi;
  • Wawan SB. menyampaikan bahwa: "Sejak tadi pagi kami di sini, situasi kegiatan cukup terkendali, tidak ada masalah". Kepada capinggunung,com beliau juga menyampaikan: "Acara semacam ini cukup baik, bermanfaat sekali, bisa membantu terutama masyarakat miskin, dan lebih jauh bisa menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan sebagai bangsa", sambungnya;
  • Sementara Ega Prayogi yang baru seminggu bertugas di Trenggalek menyampaikan bahwa: "Seminggu saya bertugas di sini saya lihat Trenggalek cukup aman, termasuk acara kegiatan di Masjid Taqwa sekarang ini", katanya.
Sebelum kami meninggalkan mereka, Wawan SB. bercerita kepada kami: "Kalian tau ndak Tukul Arwana. Dia, sambil menunjuk temannya (Ega Prayudi yang kebetulan saat itu membelakangi kami). Dia, Ega Prayudi itu putra Tukul Arwana. Sebelum di Trenggalek, dia bertugas di Malang", pungkasnya. 
 
Pasukan Tapak Suci
 Tapak Suci Trenggalek
 
Masalah keamanan juga dibantu oleh salah satu komunitas beladiri Tapak Suci Trenggalek. Komunitas yang diketuai oleh Antok dari Bendo Pogalan Trenggalek ini memang sengaja diundang dalam acara tersebut untuk membantu mengamankan keadaan selama kegiatan berlangsung. Beberapa personil mereka nampak sibuk di pintu gerbang masuk lokasi penyembelihan hewan qurban (sebelah utara Masjid Taqwa utara jalan).
 
Beberapa personil perempuan mereka juga bertugas mendistribusikan daging qurban kepada masyarakat penerima. Nampak ketika penerima memberikan pipel (kartu pengambilan), mereka segera memberikan bungkusan daging qurban yang telah disiapkan kemudian mencatatnya dalam buku pengambilan.
 
 
4. Penutup
 
Demikian yang busa capinggunung.com laporkan kepada pemirsa semoga ada manfaatnya. Apabila laporan ini ada salah atau kurangnya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Astaghfirulloha wa atubuu ilaih. Salam. #edy_cgo

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support