Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

Menguak Tempat Kelahiran Bung Karno

Menguak Tempat Kelahiran Bung Karno
Caping Gunung indonesia _ Tempat lahir Bung Karno akhir-akhir ini kembali menjadi perbincangan. Seperti diketahui umum, bila Soekarno lahir di Surabaya. Namun benarkah hal itu? Atau sebenarnya Soekarno dilahirkan di Blitar?
Dekade tahun 90-an banyak yang meyakini bila Soekarno dilahirkan di Blitar. Bahkan hingga kini masih ada literatur yang menyebut Putera Sang fajar itu dilahirkan di Blitar, Jawa Timur, 6 Juni 1901.

Ayah Soekarno bernama Raden Soekemi Sosrodihardjo dan ibunya Ida Ayu Nyoman Rai. Soal kedua orangtua proklamator ini nyaris tidak ada perdebatan.

Pada tahun 2010 lalu, keluarga besar Soekarno pernah angkat suara terkait polemik tempat kelahiran sang proklamator. Dengan tegas disebutkan Soekarno lahir di Surabaya, bukan di Blitar, Jawa Timur.

"Memang betul beliau lahir di Surabaya," ujar Putri Bung Karno, Sukmawati Soekarnoputri tahun 2010 lalu kepada wartawan.

Bahkan dalam seminar berjudul 'Pelurusan Sejarah Soekarno' di Balai Pemuda, Surabaya, 28 Agustus 2010 lalu juga dijelaskan secara gamblang mengenai kelahiran Bung Karno di Kota Pahlawan.#Yunia_cgo








Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support