Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

Hari Anak Nasional 2015 (Part-3) Trenggalek


Hari Anak Nasional 2015 (Part-3) Trenggalek

"Kerajinan batik adalah salah satu budaya Indonesia yang intinya berupa/berbentuk lukisan artistik tangan-tangan kreatif di atas kain secara manual. Kerajinan ini dapat ditemui di berbagai daerah Indonesia seperti Yogyakarta, Solo, Pekalongan, Cirebon, dan lain-lain termasuk Trenggalek. Seni tradisional manual anak negeri ini hampir punah seiring perkembangan dunia industri dengan diproduksinya batik secara masal yang biasa disebut batik pabrikan."
Caping Gunung Indonesia - Berlokasi di selatan penyelenggaraan Lomba Cipta Alat Permainan Educatif (APE), di ruang kelas TK. Kemala Bhayangkari Trenggalek pada saat yang sama berlangsung kegiatan lomba Desain dan Membuat Pola Gambar Dasar Kerajinan Batik.

Seperti lomba APE, lomba ini juga diikuti guru PAUD/TK seluruh perwakilan Kecamatan se-Kabupaten Trenggalek sejumlah 14 (empat belas) peserta. Ke-14 peserta tesebut adalah juara I tingkat Kecamatan masing-masing.


Bu In biasa teman-teman menyapa, selaku Kepala TK. Kemala Bhayangkari berpendapat bahwa lomba Desain dan  Membuat Pola Gambar Dasar Kerajinan Batik bertujuan antara lain:
  1. Menggairahkan/menghidupkan kembali seni budaya tradisional Kerajinan Batik asli Trenggalek yang kini mulai hampir punah;
  2. Perlu digali bakat/minat dari guru (PAUD/TK khususnya) untuk mampu berkreasi menciptakan desain dan pola gambar dasar batik agar kerajinan batik tidak punah. 
Lebih jauh Suhendarti, S.Pd. (Bu In), mengharap guru-guru nantinya bisa mengenalkan dan mentransfer ilmu desain dan pola gambar dasar batik kepada generasi muda Trenggalek sedini mungkin mulai anak masih di PAUD/TK.

Bertindak sebagai tim juri kegiatan lomba ini adalah: 1. Dra. Sri Handayani (Guru SMAN 1 Trenggalek); 2. Dra. Irin Murtianti (Guru SMAN Karangan); dan Budi Riyanto, S.ST. (Guru SMAN 1 Trenggalek). Tim juri menambahkan: "Juara I kesemua lomba-lomba ini nanti akan dikirimkan ke Surabaya dan Malang yang direncanakan bulan Juni 2015 untuk mengikuti lomba tingkat Propinsi."

Dra. Sri Handayani (salah seorang juri), sedang memperhatikan salah seorang peserta lomba

Kembali ke: Part-1 | Part-2

Referensi:
1. https://id.answers.yahoo.com/

Penulis: Edy Rochani (Sekjen Yayasan Capil Indonesia)

Sumber, Berita Indonesia


Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support