Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

Balita Tak Bikin Onar

Balita Tak Bikin Onar
Kekuatannya itu lebih hebat lagi. Anak usia 4-5 tahun senang memancing keributan untuk mencari perhatian. Jika Anda bereaksi keras terhadap apa yang dikatakannya, maka dia akan menyukai semua perhatian yang didapatkan.

Caping Gunung Indonesia - Meski tingkahnya balita bisa sangat mengejutkan, apalagi di depan umum, bukan berarti dia tukang bikin onar. Di bawah ini adalah cara-cara cerdas untuk mengendalikan si pembangkang kecil.

Mengumpat

Di usia 4 tahun, anak Anda menemukan sebuah kata baru: “bego.” Hanya dengan itu, tiba-tiba saja dia memiliki kekuatan untuk membuat ibunya berang.

Balita sebetulnya haus akan kekuasaan. Ketika anak Anda masih batita, dia mengekspresikan kekuatannya secara fisik, misalnya dengan memukul, menggigit, atau merebut mainan. Namun kini, kekuatannya itu lebih hebat lagi. Anak usia 4-5 tahun senang memancing keributan untuk mencari perhatian. Jika Anda bereaksi keras terhadap apa yang dikatakannya, maka dia akan menyukai semua perhatian yang didapatkan, dan kemungkinan besar dia akan kembali menggunakan kata itu. 
 
Cara mengatasinya: Jika anak mengumpat saat marah atau frustasi, bantu dia untuk memahami apa yang sebenarnya dia rasakan, kata Ken Haller, MD, lektor kepala bidang anak di St. Louis University. Anda bisa melakukannya dengan menyebut jenis emosi yang dirasakannya. Misalnya, katakan, “Kamu marah karena mama minta kamu membereskan mainan. Kamu bilang saja, ‘Ma, aku marah sama Mama!’. Tapi kamu tidak boleh mengumpat Mama.” Cobalah untuk tidak bereaksi terlalu emosional. Biarkan dia tahu bahwa akan ada hukuman atas perbuatannya. 
 
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support