Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

Beberapa Manfaat Menyusi Bayi Hingga Usia 2 Tahun



Caping Gunung Indonesia - Menyusui ASI adalah salah satu hal yang sangat membahagiakan bagi seorang ibu. ASI kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan si Kecil. Karena itu, memberikan ASI eksklusif selama enam bulan sudah menjadi kewajiban ibu. Dan, akan menjadi lebih sempurna jika pemberian ASI ini dilanjutkan hingga si Kecil berusia dua tahun.

Pemberian ASI hingga anak mencapai usia dua tahun, ternyata memiliki manfaat yang luar biasa lho, Mam. Apa sajakah manfaat menyusui bayi di tahun kedua tersebut?
 Berikut ini penjelasannya kenapa bayi di tahun kedua masih membutuhkan ASI.

ASI mampu memenuhi 1/3 kebutuhan kalori, 1/3 kebutuhan protein, 45% kebutuhan vitamin A, 90% kebutuhan vitamin C.

ASI mengandung zat imun antibodi yang berfungsi melindungi bayi dari berbagai jenis penyakit. Pada tahun kedua, jumlah zat imun dalam ASI ini akan meningkat sehingga dapat memberikan perlindungan yang lebih besar lagi bagi si Kecil. Karena itu, ASI sangat dibutuhkan oleh anak yang sakit.

ASI di tahun kedua lebih banyak mengandung nutrisi. Setiap 448 ml ASI, memenuhi keb
 utuhan anak 9% dari kebutuhan energi, 43% dari kebutuhan protein, 36% dari kebutuhan kalsium, 75% dari kebutuhan vitamin A, 76% dari kebutuhan asam folat, 94% dari kebutuhan vitamin B12, dan 60% dari kebutuhan vitamin C.

Pemberian ASI setelah bayi berusia 6 bulan dapat mencegah risiko alergi dan asma.
ASI memperkecil risiko sakit anak pada usia 16-30 bulan.
ASI di tahun kedua, kandungan lemak dan energinya semakin meningkat. Selain itu, di tahun kedua ini ASI juga merupakan sumber lemak dan vitamin A yang tak tergantikan oleh jenis makanan apa pun.

ASI mempercepat pematangan lapisan pelindung dalam usus bayi, melapisi usus dan menghalangi masuknya molekul penyebab alergi dalam darah si Kecil serta memberikan perlindungan antiradang sehingga dapat mengurangi risiko infeksi pemicu alergi. Dengan demikian, pemberian ASI hingga si Kecil berusia dua tahun akan lebih lama membantu mencegah terjadinya alergi.

ASI merupakan sumber nutrisi yang paling mudah dicerna saat si Kecil tidak memiliki nafsu makan. Karena itu, selalu berikan ASI saat si Kecil di bawah usia tiga tahun mengalami sakit.

Cukup banyak manfaat menyusui sampai si Kecil berusia dua tahun. Anda tak perlu takut akan pendapat orang jika menyusui hingga anak berusia dua tahun akan menyebabkan anak Anda menjadi manja. Jangan mempercayai hal itu ya, Mam, karena itu hanya mitos saja. Jadi, tetap usahakan untuk menyusui bai hingga usia dua tahun demi kesehatan si Kecil yang lebih baik. Semoga bermanfaat.

Sumber, Berita Indonesia
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support