Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

Kisah Seorang Nenek Hidup Sebatang Kara Hanya Ditemani Seekor Anjing

Kisah Seorang Nenek Hidup Sebatang Kara Hanya Ditemani Seekor Anjing
Nenek 90 tahun ini hidup sebatang kara
di gubuk reot bersama Anjing
Caping Gunung Indonesia - Seorang nenek berusia 90 tahun tinggal di sebuah gubuk reot kecil berukuran 2x3 meter di lereng Merapi, dusun Turgo, Purwobinangun, Pakem Sleman. Nenek yang bernama Jirah tersebut tinggal dengan ditemani seekor anjing bernama Semut.Di gubuk reot yang terbuat dari bambu dan dinding dari spanduk bekas tersebut, Mbah Jirah berteduh dari panasnya matahari dan dinginnya hujan. Di dalam gubuk hanya ada sebuah meja, kursi dan tempat tidur yang hanya beralas tikar.

Kondisinya pun lembab. Perabotan berserakan di lantai gubuk. Di depan pintu gubuk ada sebuah tungku dari tanah liat yang biasa digunakan Mbah Jirah untuk memasak.

"Saya lupa kapan di sini, sudah lama, orang dulu nggak tahu tahun-tahunan, jadi lupa. Sejak kecil sudah di sini, sama Semut," kata perempuan yang kerap dipanggil Mbah Jinem oleh warga sekitar saat ditemui merdeka.com di gubuknya, Minggu (15/3).

Sehari-hari Mbah Jirah berkebun. Dia menanam salak dan juga tanaman lainnya untuk kebutuhan sehari-harinya.

"Maaf ini tidak bisa menyuguhi apa-apa, salaknya nggak berbuah, padahal Mbah yang tanam salak, sukun, nangka. Sehari-hari ya cuma ke kebun," ujarnya.

Sementara itu untuk beras, Mbah Jirah kerap mendapat bantuan dari warga sekitar. Kadang dia hanya mendapat bantuan beras satu atau dua kilo untuk makannya dan juga Semut.

"Lauknya nggak pakai, cuma sayur, kadang gori, daun ubi, yang bisa dimasak. Kalau Semut, saya makan apa dia pasti pengen," ungkapnya.

Mbah Jirah sebenarnya memiliki seorang anak. Namun anaknya meninggal saat berusia dua bulan. Saat ditanya soal suaminya dia hanya diam dan mengulangi jawaban tentang anaknya.
"Anak saya sudah meninggal, waktu masih kecil, baru dia bulan sudah nggak ada," tuturnya.#yunia_cgo

Sumber, Berita Indonesia
Share:

Definition List

Unordered List

Support