Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

Jangan Gengsi Pungut Sampah


Caping GunungIndonesia - Jargon kampus hijau enggak akan terwujud kalau mahasiswanya gengsi memungut sampah. Jika dibiasakan, aksi kecil ini bisa menjadi budaya dan mengubah mindset menjadi lebih peduli lingkungan. Visi kampus hijau pun enggak lagi sekadar slogan.

Inilah yang dilakukan ratusan mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB). Melalui Gerakan Pungut Sampah (Rakpungpah) besutan Forum Mahasiswa Pascasarjana (Forum Wacana) IPB, para relawan ini memungut berbagai sampah di Jalan Babakan Raya (Bara) dan sekitarnya belum lama ini.

"Lokasi ini dipilih karena menjadi pusat jajanan bagi mahasiswa dan masyarakat," kata Sekretaris Umum Forum Wacana, Adi Sutrisno, seperti dinukil dari laman IPB, Senin (9/3/2015).

Adi menjelaskan, kegiatan mereka mengusung tagline "Menuju Bara IBADAH (Indah, Bersih, Aman, Damai, Asri, Hijau)". Menurutnya, untuk mewujudkan slogan itu, mereka akan rutin menggelar kegiatan tersebut setiap bulan untuk membentuk komunitas peduli sampah. Ditargetkan, dalam lima tahun kampanye ini akan membuahkan hasil.

"Pekerjaan semacam ini tidaklah gampang. Tidak hanya mengubah lingkungan, tetapi juga mengubah pola pikir masyarakatnya," imbuh Adi.

Kampanye green campus sendiri sudah makin ngetren di berbagai perguruan tinggi. Selain kegiatan membersihkan lingkungan bersama-sama, banyak kampus mencanangkan gerakan penanaman pohon.#nur kofiah

Sumber, Caping GunungIndonesia
Share:

Definition List

Unordered List

Support