Ing Ngarsa Sung Pawarta Ing Madya Mangun Karya Tut Wuri Jaya-jaya Wijayanti

our facebook page

KESATRIA TANAH JAWA

KESATRIA TANAH JAWA

Caping Gunung Indonesia - Jiwa kesatria Jawa menurut Sinuhun Sri Sultan HB VIII ing Ngayogyakarta Hadiningrat.

  1. Sêwiji : menyatukan kebulatan tekad dan segenap potensi diri untuk satu tujuan.
  2. Grêgêt : dinamika jiwa yg disalurkan dalam gerak, usaha, perjuangan meraih tujuan.
  3. Sêngguh : percaya pada kekuatan diri sendiri, dilandasi jatidiri yang kokoh, mampu mengendalikan dan memenej kekuatan dan potensi diri dengan baik.
  4. Ora mingkuh (mingkuh : tinggal glanggang glanggang colong playu). Artinya, tidak meninggalkan tanggungjawab dan tugas dalam meraih tujuan. Teguh hati dan kuat dalam menjaga prinsip. Sekalipun menghadapi tantangan berat.
Selagi hangat-hangatnya banyak orang berbicara soal kesatria pinilih. Mudah-mudahan tulisan singkat dan sederhana ini dapat membantu kita semua untuk memahami konsep kesatria. Dan tidak setiap pemimpin, penguasa, raja, presiden adalah seorang kesatria. Kesatria pinilih dan atau kesatria piningit.

Tetapi siapapun yang hari ini diumumkan oleh KPU sebagai pemenang dalam gelanggang pilpres, dia adalah seorang “satria TERPILIH”.

NB:
Sedulur-Sedulur para pembaca yang budiman di manapun berada. Jangan lengah membaca situasi dan pertanda alam. Panca agni atau hawa nafsu dari panca indera manusia semakin berkobar. Sapta tirta dan panca agni akan saling susul-menyusul terjadi. Kalau sudah begitu, ekstra hati-hati ing dina Rebo Pahing surya kaping 23 murih pinaringan wilujêng. Den éling lan waspadakna ing sajroning “Tirta Emas” ana boyo gêdé kang sawêktu-wêktu bisa gawe gègèr nusa lan bangsa.

Mugya kabèh titah Gusti tansah karahayon. Suradira jayaningrat lebur dening pangastuti. Jaya-jaya wijayanti.#edy_cgo

Sumber, Berita Indonesia

Share:

Definition List

Unordered List

Support